Upacara Sisya Upanayana di SDN 3 Banjarangkan

  • 01 Agustus 2016
  • Dibaca: 642 Pengunjung
Upacara Sisya Upanayana di SDN 3 Banjarangkan

Guna meningkatkan kesucian pikiran dan disiplin serta memohon keselamatan dalam proses belajar mengajar kepada seluruh komunitas sekolah,  Sekolah Dasar Negeri 3 Banjarangkan melaksanakan  upacara Sisya Upanayana/Mawinten Sabtu (30/7). Upacara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Klungkung Made Kasta yang disambut Kepsek SDN 3 Banjarangkan Agung Sayang,  Perbekel Banjarangkan Wayan Swastika, Upt Disdikpora Wayan Diantatara, Ketua Komite Ngakan Nyoman Muliawan serta perwakilan unsur Tripika Banjarangkan.

Upacara yang dilaksanakan di Padmasana sekolah ini  diisi dengan ritual pemasangan benang slimped dan karawista serta rajahan Ongkara pada seluruh siswa oleh Ida Pranda Gede Wayahan Keniten dari Griya Tengah, yang selanjutnya diikuti Wakil Bupati Made Kasta.

Kepsek SDN 3 Banjarangkan  Agung Sayang mengatakan, upacara suci ini baru pertama kali dilaksanakan, bahkan untuk di Kabupaten Klungkung sekalipun. "Dengan dilaksanakannya upacara ini kami berharap supaya seluruh komunitas sekolah dianugrahi ketenangan, kesucian pikiran serta keselamatan dalam proses belajar mengajar," ujar Agung Sayang. Dari total 217 siswa, sebanyak 215 siswa yang beragama Hindu mengikuti upacara ini. Sisanya yang merupakan siswa non Hindu tidak diikutsertakan. Agung Sayang berencana upacara ini akan dilaksakan setiap pelaksanaan penerimaan siswa baru.

Dalam sambutannya Wabup Made Kasta sangat mengapresiasi pelaksanaan upacara upanayana/mawinten pada anak anak didik ini. Menurut Wabup Kasta yang juga seorang pemangku di desanya, seorang anak berumur 6 tahun sudah diperbolehkan mawinten. "Mawinten tidak hanya untuk orang yang akan dijadikan Pemangku, anak kecil yang sudah berumur 6 tahun pun sudah bisa ikut mawinten," ujar Wabup Kasta.

Dengan dilaksanakannya Mawinten yang berarti pembersihan tubuh sekala dan niskala, Wabup Kasta berharap karakter anak – anak akan berubah menjadi lebih baik, bersih dan disiplin sehingga proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik. Semoga sekolah lain akan mengikuti jejak SDN 3 Banjarangkan untuk ikut melksanakan upacara mawinten ini," ujar Wabup Kasta

  • 01 Agustus 2016
  • Dibaca: 642 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita